Buat SKCK tidak Harus di Daerah Asal (Alamat menurut KTP)

Urus SKCK


Intinya adalah melakukan rekam sidik jari di Polres/Polda setempat. Kemudian kirim rekam sidik jari tersebut kepada seseorang di Kabupaten/Provinsi asal anda untuk mewakili anda mengurus SKCK. Rekam sidik jari bisa dikirim lewat email saja, dan perwakilan anda akan mengeprint pada saat melamar SKCK untuk anda. Berkas dokumen yang dibutuhkan ada pada point 1-6 di bawah ini.

Kalau anda sedang berada di Jakarta, atau tinggal dekat Jakarta sebaiknya langsung saja ke Mabes Polri, anda bisa mengurus sendiri dan selesai dalam setengah hari. SKCK yang dikeluarkan oleh Mabes Polri bisa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk melamar kerja dan urus visa.

Alamat Mabes Polri :
Jl. Trunojoyo No.3, RT.2/RW.1, Selong, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110, Indonesia

Pengurusan SKCK dimulai dengan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan:
1. Pas photo 4x6 cm dengan latar merah sebanyak 6 lembar.
2. Copy KTP
3. Copy KK
4. Copy Akte Lahir
5. Copy Paspor (untuk urusan luar negeri)
6. Rekaman Sidik Jari
Rekam sidik jari bisa dilakukan di Polres/Polda mana saja. Kalau di Mabes Polri rekam sidik jari dilakukan di Gedung Inafis, tidak bayar. Rekam sidik jari yang diserahkan bisa photo copy, aslinya disimpan saja untuk keperluan selanjutnya.

Ambil nomor antrian di ruang pelayanan terpadu, tunggu nomor antrian dipanggil, serahkan dokumen nomor 1-6, isi formulir, serahkan tanpa mengambil nomor antrian kembali, tunggu sekitar 3 jam, SKCK selesai dan bayar Rp 30.000.

Sebelum SKCK asli diprint, kita akan diberi draft untuk mengecek apakah ada informasi yang perlu diperbaiki.

NB:
1. Untuk urusan luar negeri dimana SKCK harus dilegalisir Kemenhukham dan Kemlu, SKCK harus diterbitkan oleh Polda/Polri, tidak boleh di Polsek/Polres. Saya menyarankan sebaiknya SKCK diurus di Mabes Polri. Karena kalau diurus di Polda, Kemenhukham akan meminta specimen dan tanda tangan pejabat yang mengeluarkan SKCK. Sementara Pejabat yang menandatangani SKCK yang dikeluarkan Polri, specimen dan tandatangannya sudah tersimpan dalam database Kemenhukham.

2. Lamar SKCK bisa dilakukan online dan lewat email. Pada saat saya lamar SKCK, sistem online sedang bermasalah yang mengharuskan saya melamar manual.

3. Menurut pengalaman saya, kita sebaiknya mengurus sendiri lamaran SKCK atau menyuruh orang yang benar-benar dipercaya. Mengandalkan jasa calo memiliki risiko tinggi. Ketika mengurus SKCK memang dibutuhkan totalitas, dan kita harus benar-benar meluangkan waktu.

Komentar

  1. Jadi kalau di Mabes Polri ktp mana saja bisa bikin skck disitu kan bang

    BalasHapus
  2. Saya tinggal di daerah jakarta tapi ktp sumatera. Jadi kalau saya ke mabes polri bisa pake ktp sumatera gitu kak? Tanpa harus ada surat domisili lagi?

    BalasHapus
  3. Di polsek daerah tempatku knp ribet ya kak? Ada aja alasan dan harus betulang kali bolak balik polsek, entah alasan potonya nda boleh pake dasi, harus poto studio, poto studionya harus ditempat yang dibilang itu, padahal keburu, akhirnya gagal πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang di daerah gitu. Paling aman di Mabes Polri :)

      Hapus
  4. Klw dipolda sumut ngrus skck bisa,saya KTP Pknbaru.atw pkai Surat domisili

    BalasHapus
  5. Klo KTP daerah bisa gak ya min buat SKCK dijakarta.

    Dan sarat nya apa aja ya....

    BalasHapus
  6. π™Ίπš•πš˜ π™Ίπšƒπ™Ώ πš—πš’πšŠ πš‹πšŠπš—πšπšžπš—πš πš‹πšŠπš›πšŠπš πšπš™πš’ πš‹πš’πš”πš’πš— πš‚π™Ίπ™²π™Ί πš—πš’πšŠ πšπš’ π™Ώπš˜πš•πšœπšŽπš” πšπšŽπš–πš™πšŠπš πš’πš’πšŠ πšπš’πš—πšπšπ™°πš• πšœπš”πš›πšŠπš—πš πš–πš’πšœπšŠπš•πš”πšŠπš— πš™πš˜πš•πšœπšŽπš” πš™πšŠπšœπšŽπš‘

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Perhitungan Data Statistik

Pengalaman Selama Study di Taiwan

Teori ekonomi Mikro