Backpacking Murah ke Eropa

Mau jalan-jalan murah ala backpacker ke Eropa, apa saja yang dibutuhkan?
1. Niat dan keberanian.
2. Uang

Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan tersebut?
1. Tetapkan negara-negara yang akan dikunjungi. Berhubung fokus kita kali ini adalah 'murah', cari negara-negara di mana biaya hidup relatif murah. Ini adalah yang saya rekomendasikan: Prague (Czech Republic), Budapest (Hungaria) dan Warsaw (Polandia). Kalau budget cukup, silahkan coba Viena (Austria), Switzerland, Paris (Prancis).
2. Incar tiket pesawat paling murah, pilih web yang terpercaya buat beli tiket pesawat. Pilih berangkat dari mana dan dan masuk lewat bandara di negara mana, promo paling banyak berangkat dari Kuala Lumpur menuju Amsterdam atau Paris. Don’t be afraid to take a risk, you have to invest anyway.
3. Persiapkan berkas untuk melamar Schengen Visa yang akan dipakai untuk memasuki sebagian besar negara di Eropa. Salah satu yang paling penting adalah Rekening Koran yang mantap dan itinerary sementara yang jelas. Itinerary sementara dibuat dengan detail yang jelas meliputi tanggal perjalanan, durasi, tempat-tempat yang mau dikunjungi, hotel dan alat transport. Pilih booking dot com, semua bukti reservasi nanti dilampirkan saat pengajuan visa.
4. Ajukan lamaran visa sekitar 3 bulan sebelum berangkat.
5. Visa diterima, segera langsung buat itinerary fix. Segera booking alat transportasi dan hotel yang non-refundable, lebih murah. Untuk alat transportasi, hindari beli/bayar di tempat untuk menghindari harga selangit. Beli tiket kereta api atau bus secara online dengan menggunakan credit/debit card yang didukung oleh bank bersangkutan. Kunjungi goeuro dot com untuk alternatif mode transportasi paling murah dan sesuai jadwal kita. Untuk hotel bisa sedikit lebih fleksibel, bayar di tempat, cash atau pakai debit/credit card. Tapi hotel yang dibayar online dan non-refundable biasanya lebih murah.
6. Berangkat, sesuaikan barang yang mau dibawa dengan musim. Gak usah bawa banyak baju, bawa banyak makanan. Enjoy your trip. Jaga sikap, jaga nama Indonesia. Hati-hati pencopet.

Dokumentasi Europe Trip 2016

Amsterdam, Belanda




Cologne, Jerman









Praha, Republik Ceko












Warsaw, Polandia




















Viena, Austria












Budapest, Hungaria






















Venezia, Italia


















Roma, Italia















Vatican, Italia



















Pisa, Italia



















Zurich, Swiss












Paris, Perancis











Louvain, Belgia








Brussels, Belgia










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Perhitungan Data Statistik

Pengalaman Selama Study di Taiwan

Teori ekonomi Mikro